Ini Dia Wujud Si Belang Idola Pecinta Tanaman Hias | Metrotani
Berita Terkini
Loading...

Monday, August 21, 2017

Ini Dia Wujud Si Belang Idola Pecinta Tanaman Hias


Fenomena variegata bisa dijumpai secara luas di alam. Mulai dari tanaman hias  hingga  tanaman  perkebunan.  Dari  ranah  tanaman  hias,  keluarga Araceae   dan   Arecaceae      tercatat   paling   banyak   memiliki   anggota variegata.  Maklum  saja,  Araceae  dinikmati  keindahan  daunnya.  Sedangkan variegata paling sering muncul di daun. Di luar kedua famili itu ada pula beragam motif variegata alami yang dimiliki anggota keluarga Bromeliaceae (Cryptanthus sp), Agavaceae (Agave americana) dan Euphorbiaceae (Codiaeum variegatum, puring).

Seorang  peneliti  tanaman  variegata  dari  Rusia,  Anatoly  Mikhaltsov  mengklaim kurang lebih ada 600 spesies kaktus variegata yang termasuk ke dalam 89 genus. Mikhaltsov lalu membuat klasifikasi variegata dalam kaktus menjadi  14  kelas,  atas  dasar  ada  atau  tidak  adanya  klorofil  dalam  jaringan epidermis mereka. Maka muncullah istilah variegata merah, pink, kuning, dan putih.

Selain  keluarga  Cactacea,  ada  lagi  spesies  tanaman  yang  secara  alami  kaya akan corak variegata. Istilah variegatapun  disematkan ke dalam namanya Codiaeum  variegatum  (puring).    Warna  daun  puring  merupakan  campuran  merah, kuning, hijau, ungu gelap, hingga hitam. Warna daun muda cenderung berubah  mengikuti  pertambahan  umur.    Daun  muda  biasanya  berwarna terang:  campuran  kuning,  merah,  dan  hijau.    Makin  tua  warna  makin  gelap,  campuran merah dan ungu.

Dari  keluarga  tanaman  buah  ada  keluarga  Rutaceae  dan  Myrtaceae  seperti Citrus sinensis, Psidium guajava, dan Syzigium samarangensis.  Untuk tanaman perkebunan dikenal Vanilla planifolia dari keluarga Orchidaceae, atau Swietenia mahogany dari keluarga Meliaceae.

Kesamaan  letak  nir-klorofil  membentuk pola-pola  variegata  yang  bisa  diamati. Yoshimichi Hirose dan Masato Yokoi dari Jepang membagi variegata menjadi 12 pola besar. Ini tidak mutlak harus diikuti. Pasalnya di alam tidak ada 2 jenis tanaman variegata yang sama. Setiap individu tanaman memiliki keistimewaan  tersendiri.  Dalam  bab  ini  pola  variegata  akan  dibedakan 
menjadi 14 kelas: albino, banded, based, blotched, centered, golden atau silver, marbled, margined, mottled, reticulated, sectorial, splash, stripped, dan  tipped.  Masing-masing  jenis  akan  dilengkapi  dengan  nama  spesies,  dan famili.

google+

linkedin

About Author
  • metrotani.blog Read More

    0 comments:

    POST A COMMENT

     

    Gallery

    Tentang Metrotani Blog

    Metrotani Blog berdiri sejak 22 Agustus 2017, merupakan sebuah portal pertanian, peternakan dan perikanan sebagai sumber informasi dan pengembangan usaha dan bisnis.

    Hubungi Kami

    metrotani.info@gmail.com
    https://metrotani.blogspot.co.id/